Minggu, 08 Mei 2016

AIR ALKALI BUATAN DAN MENGAPA HARUS MENGHINDARINYA

AIR ALKALI BUATAN DAN MENGAPA HARUS MENGHINDARINYA
oleh Dr Lawrence Wilson
The Center For Development , Inc
Artikel ini merupakan sebuah peringatan untuk menghindari minum air buatan yang bersifat alkali (basa). Saya menyesal harus menulisnya, namun karena adanya dorongan yang membuat orang membeli mesin air alkali, dan propagandanya cukup intens . Juga , apabila seseorang mulai menggunakannya, dia merasa lebih baik, sehingga begitu banyak orang begitu saja menganggap bahwa mereka menjadi lebih sehat, yang mana kasusnya tidak demikian dalam pengalaman saya lebih dari 30 tahun. Saya tidak menjual produk saingan apapun, dan saya hanya tertarik agar orang tetap sehat.
Salah satu alasan popularitas mesin ini adalah terdapat beberapa orang memang merasa lebih baik untuk sementara waktu setelah miminum air alkali. Manfaat yang cepat mungkin termasuk berkurangnya sakit dan nyeri, dan mungkin sedikit lebih banyak energi . Namun, masalah dengan mesin air alkali melebihi manfaat riasan yang ditimbulkannya.
APAKAH AIR BUATAN YANG BERSIFAT ALKALI ITU?
Yang paling sering adalah air keran yang dimasukkan melalui sebuah mesin listrik yang biasanya mengalirkan air di atas pelat platinum dan titanium. Proses ini menyebabkan pertukaran sejumlah ion platinum dan titanium yang membuat air lebih basa secara ukuran pH nya . Mesin ini juga memiliki filter karbon yang pada umumnya untuk menghilangkan beberapa kotoran. Pada beberapa unit mesin, kita juga dapat menambahkan semacam bubuk putih yang membuat air lebih basa .
Hal ini sangat berbeda dengan mata air alkali yang alami, misalnya. Mata air melewati batu-batu di bumi dan mengambil berbagai mineral yang mempengaruhi pH. Mata air biasanya memiliki tingkat alkali pH sekitar 8 atau bahkan 8,5 , tapi tidak lebih dari itu.
RASIONAL UNTUK MEMINUM AIR ALKALI
Keseimbangan pH tubuh sangat penting, dan kebanyakan tubuh orang terlalu asam pada tingkat sel. Tidak masalah jika air liur, air kencing atau cairan lainnya bersifat basa. Hampir pada semua kasus, sel-sel tubuh, yang merupakan tempat metabolisme, bersifat terlalu asam. Ini merupakan disposisi dini pada seseorang yang memiliki ketidakseimbangan metabolisme dan penyakit termasuk kanker. Rasional untuk minum air alkali adalah bahwa air alkali akan memperbaiki ketidakseimbangan fisiologis penting ini.
Masalah dengan rasional tersebut untuk air alkali.
Masalah utama dengan teori ini adalah:
1 . Penyebab utama kelebihan keasaman pada tingkat sel adalah adanya kekurangan dari apa yang dinamakan cadangan mineral penghasil basa. Ini berasal dari lahiriah, dan juga dari asupan. Jika seseorang menjalani kehidupan yang penuh tekanan, maka orang itu juga akan dengan cepat menghabiskan cadangan mineral tsb. Cadangan mineral ini termasuk kalsium, magnesium, seng, selenium, dan beberapa mineral kecil lainnya .
Sayangnya, meminum air buatan yang bersifat alkali tsb hanyalah sedikit atau tidak ada sama sekali untuk menggantikan mineral penting tsb. Kenyataannya, meminum air alkali demikian mungkin menguras cadangan mineral tsb dengan alasan yang tidak begitu umum. Air alkali buatan tersebut mungkin membuat tubuh berpikir bahwa zat itu bersifat basa, sehingga tubuh tidak perlu menyimpan banyak mineral cadangan alkali, dan menghilangkan beberapa cadangan mineral tsb, dengan demikian membuat orang semakin kekurangan cadangan mineral penghasil basa dalam tubuh.
2 . Air dari mesin air alkali menggantikan mineral penting dengan sedikit kadmium, timah, arsen dan logam beracun lainnya yang ditemukan dalam air keran dan tidak tersaring oleh filter karbon sebagaimana yang saya cermati. Beberapa sistem penyaringan mengklaim bisa menyaring logam beracun, tapi saya belum melihat kenyataannya ini dalam praktek. Filter yang saya amati yang dikatakan bisa menghilangkan banyak logam beracun justru cenderung merusak air bahkan lebih buruk . Reverse osmosis adalah contoh dari jenis ini, bersama dengan KDF dan jenis lain media penyaring yang `canggih`.
3 . Selain itu, mesin air alkali juga mengganti mineral yang baik dengan sedikit platinum dan titanium yang ditemukan di cakram tempat air melewatinya untuk menjadikan air tersebut bersifat basa. Kedua jenis logam ini sangat beracun, terutama platinum.
Sebagai tambahan, saya telah mengamati sedikit kenaikan tingkat nikel pada mereka yang menggunakan mesin air alkali selama beberapa tahun. Nikel tsb mungkin ikut luluh dari baja stainless yang ada di mesin, atau mungkin dari bagian mesin yang berlapis nikel. Nikel adalah logam beracun yang mematikan. Air yang basa dapat menyebabkan sebagian kecil dari bagian-bagian mesin ikut luluh keluar.
4 . Penyaring karbon juga tidak cukup menghilangkan bahan kimia beracun di dalam air, sehingga orang juga memperoleh dosis klorin, fluorida, aluminium, tembaga , residu obat-obatan medis di banyak daerah, pestisida dan banyak lagi.
5 . Akibatnya, mesin air alkali tidak benar-benar menyeimbangkan pH tubuh, meskipun air alkali itu bisa sedikit mengubah, yang menimbulkan kesan terhadap beberapa orang merasa baik, padahal kenyataannya, mereka menjadi lebih sakit.
Apakah air dari mesin air alkali sama dengan secara mata air alkali yang alami? Jelas tidak. Pertama, mata air alkali yang alami biasanya memiliki pH sekitar 8 atau mungkin 8,5. Air dari mesin alkali seringkali jauh lebih tinggi, sampai 12 atau 13 . Ini tidak sehat.
Kedua, mata air alkali dan beberapa air sumur mengandung kalsium dan magnesium yang tinggi, sangat baik untuk kesehatan seseorang . Air dari mesin alkali, sebaliknya, secara artifisial dibuat basa dengan cara mencampur air dengan sejumlah kecil platinum dan mungkin titanium, keduanya merupakan logam beracun.
MASIH MAU MINUM AIR ALKALI BUATAN ?