Jumat, 14 Agustus 2015

ARTI PENTING KESEHATAN

Apakah yang paling patut dijaga dalam hidup manusia? Orang yang berbeda akan mempunyai jawaban yang berbeda pula. Ada orang yang menjawabnya dengan kebahagiaan, ada yang menjawabnya dengan uang, ada pula yang menjawabnya dengan keluarga. Apakah jawaban Anda..?

Ada orang yang mengumpamakan angka 10.000.000.000 (10 milyar) untuk mengumpamakan hidup manusia. Diantara angka itu, angka “1” melambangkan kesehatan, dan masing-masing angka “0” mewakili usaha, uang, kedudukan, kekuasaan, kegembiraan, cinta, rumah, dan seterusnya. Angka “0” ini begitu banyak, rumit, dan sangat beraneka ragam dan telah memadati hidup manusia. Sedangkan angka “1” yang jumlahnya juga satu ini seringkali terabaikan. Namun perlu disadari bahwa jika suatu hari angka “1” ini hilang, maka semua angka “0” itu akan kehilangan makna dan nilainya. Begitu juga yang terjadi apabila kesehatan ini hilang, maka semua kemegahan, kemewahan, serta kebisingan akan kembali menjadi kesunyian dan kebisuan.

Mungkin perumpamaan ini telah membuat orang modern, yang terlalu asyik bekerja dan mengejar kekayaan akan merasa sangat terkejut. Demi pekerjaan, mereka seringkali mencurahkan energi dan waktu yang begitu banyak, atau bahkan mungkin hampir semuanya. Mereka hampir melupakan dirinya sendiri, hampir tak memiliki waktu untuk bersantai, berolahraga, atau untuk memperhatikan kesehatan dirinya. Selain itu, hampir setiap waktu yang dimiliki telah terkontaminasi oleh rasa cemas atas kemungkinan untung-rugi atau yang lainnya. Semua ini telah menyebabkan tekanan mental yang besar sekali. Keadaan seperti ini sungguh merupakan sarang penyakit yang kronis.

Coba renungkan:
Seorang MILYARDER yang telah mendekati ajalnya, sekarat di ranjang rumah sakit yang mewah dengan pelayanan serba VIP. Apakah ia menikmati semuanya itu..? Apakah kejayaan dan semua prestasi yang telah dicapainya dapat mengusir rasa sakitnya..?.

Sungguh terlalu besar pengorbanan orang yang menukar kesehatannya dengan menghanyutkan diri dalam mengejar pangkat dan pemasukan yang tinggi. Ia telah menukar prioritas yang salah. Fungsi terbesar dari kekayaan semestinya adalah untuk memperbaiki hidup, meningkatkan kedudukan sosial, dan mewujudkan cita-cita serta aspirasinya. Jika tidak, maka kekayaan hanyalah suatu angka yang tersimpan di dalam bank saja dan tak memiliki sumbangsih makna baik bagi dirinya ataupun bagi masyarakat di sekelilingnya.

Andaikata kita memiliki pengetahuan tentang kesehatan serta dapat pula menerapkannya dengan sebenarnya, maka kemungkinan besar kemakmuran dan kesehatan akan dapat dinikmati secara bersamaan. Hanya dibutuhkan perhatian dan sedikit pengeluaran untuk dapat meraih dan menjaga kesehatan kita. Namun, banyak orang yang karena berbagai alasan telah melalaikan arti penting kesehatan.

Ketika kita masih sehat, terkadang kita tidak tahu bagaimana merawat kesehatan; Pada saat kita tidak sehat namun tidak juga sakit, kita tidak mengetahui bagaimana cara mengatur kesehatan kita; dan Manakala kita dalam keadaan sakit, barulah kita sadar untuk bagaimana meraih kesehatan dengan cara mengobatinya. Namun pada kondisi terakhir ini, sadarilah bahwa semuanya telah terlambat! Fakta membuktikan bahwa: “Pencegahan hari ini akan jauh lebih baik daripada pengobatan di keesokan hari”. Untuk itu, sadarilah bahwa sedikit investasi untuk kesehatan kita pada saat ini, akan mendatangkan ketenangan dan kesehatan seumur hidup!


Lebih baik menabung kesehatan daripada menabung uang. Hanya investasi terhadap kesehatan yang akan mendatangkan imbalan terbesar. Hal ini juga tentunya merupakan pilihan yang paling bijaksana. Sekarang…. Apa yang telah Anda investasikan demi kesehatan Anda?